08 Oktober 2009

Kunci Sukses Pernikahan Langgeng

Kunci Sukses Pernikahan Langgeng


Setiap pasangan ingin pernikahannya bertahan lama, tapi banyak yang tidak tahu caranya.
Apa sebenarnya yang menjadi penyebab gagalnya sebuah pernikahan? Menurut sebuah penelitian, pasangan yang bercerai, awalnya hanya dipicu oleh pertengkaran kecil.

Menurut sebuah survey yang dilakukan di Amerika, hampir 90 persen pasangan di era tahun 2000-an ini mengalami kegagalan di pernikahan pertamanya.Penyebabnya, banyak dipicu oleh hal-hal kecil yang akhirnya menjadi pertengkaran hebat pada pasangan suami istri tersebut.
Tragisnya, perceraian jaman sekarang sudah layaknya seperti trend fashion, yang bisa mewabah dari satu pasangan ke pasangan lainnya.

Survey tersebut juga menemukan, bahwa seorang anak yang orangtuanya bercerai, memiliki potensi besar untuk bercerai pula, ketika nanti ia menikah.

Apa sebenarnya yang menjadi duduk persoalan? Kebanyakan pasangan bercerai mengaku, masalah finansial menjadi alasan nomor dua berakhirnya hubungan pernikahan. Sedangkan alasan pertamanya adalah, perselingkuhan.


Ada sebuah prinsip yang mengatakan," jangan pernah membawa masalah dan emosi sampai ke tempat tidur." Hal ini terbukti benar, menurut Shae Graham Kosch, PhD, seorang pengajar kepribadian di Florida, University, pasangan yang bercerai biasanya membiarkan masalah mengendap hingga terbawa tidur. Padahal solusi terbaiknya adalah, selalu berpikir positif dan mendengarkan serta mendiskusikan permasalahan dengan pasangan tanpa ada kritikan atau saling menyalahkan.

Ada beberapa tips arahan Carolyn Gerard, seorang terapis pernikahan dan keluarga yang bisa Anda ikuti:

- Prioritaskan waktu bersama pasangan. Jika ada masalah, duduk bersama lalu diskusikan akar permasalahannya sebelum makin membesar.
- Hati-hati dalam mengawali pembicaraan. Sebelum melempar topik sensitif, ingatkan diri untuk selalu menjaga perasaan pasangan Anda, agar tidak terjadi konfrontasi.
- Beri perhatian pada pasangan dengan cara yang layak.
- Keluar dari bahasan argumentasi, jika mulai mengarah pada pertengkaran. Hal ini demi mencegah sikap pasangan menjadi kelewat batas.
- Ingat aturan "Five to One" yang berarti Anda dianjurkan untuk membuat 'kalimat positif' atau 'kalimat cinta', sebanyak 5 kali sehari untuk pasangan dan hubungan Anda.


sumber: eben izer,kaskus

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Copyright 2009 MAX Ent.
designed by EZwpthemes Converted by ThemeCraft Powered by Blogger Templates